Blog

Cara Mudah Cek Shutter Count Kamera Canon

cara-mudah-mengetahui-cek-shutter-count-kamera-canon

Jika kita akan membeli kamera second mungkin selain dari kondisi fisik, hal selanjutnya yang harus kita ketahui adalah jumlah shutter count. Shutter count merupakan berapa banyak jumlah gambar yang diambil dengan menggunakan kamera tersebut.

Konon katanya salah satu cara untuk melihat umur kamera bisa dilihat dari jumlah shutter count, rata-rata produsen kamera menyebutkan bahwa sebuah kamera memiliki umur atau shutter count diangka 150.000 – 200.000. Tapi semua kembali lagi pada cara kita memperlakukan kamera itu sendiri, bagaimana kita mempergunakannya, bagaimana kita merawatnya. Tidak jarang kamera masih bisa digunakan setelah shutter lebih dari 200.000, dan tidak jarang kamera rusak dengan shutter dibawah 100.000.

Sebenarnya bahasan mengenai shutter count, sudah pernah saya bahas pada artikel sebelumnya. Namun dalam artikel kali ini yang akan saya bahas mengenai cara mengetahui jumlah shutter count kamera. Pada intinya, dengan kita mengetahui jumlah shutter count kita bisa tahu seberapa sering kamera tersebut digunakan untuk membuat sebuah foto.

Menurut beberapa referensi yang saya baca, kita bisa cek shutter count sebuah kamera hanya dengan mengunggah foto terakhir yang dihasilkan dari kamera yang akan kita cek shutter countnya ke sebuah website layanan untuk mengecek shutter count. Namun saya sendiri tidak pernah berhasil menemukan jumlah shutter count kamera saya dengan cara tersebut.

Berikut adalah cara untuk mengetahui jumlah shutter count kamera canon.

  1. Download Aplikasi EosInfo, Anda bisa mendapatkan canon eos info dengan mengunjungi link ini
  2. Instal Aplikasi
  3. Jalankan Aplikasi
  4. Hubungkan kamera yang akan di cek dengan komputer (pastikan kamera dalam keadaan ON)
  5. Secara otomatis akan keluar informasi kamera kita termasuk shutter countnya.

Dari gambar diatas kita bisa tahu kamera yang saya cek adalah kamera canon 1000D dengan jumlah shutter count 32038.
Software ini bisa digunakan untuk kamera canon seri : EOS 6D – EOS 7D – EOS 40D – EOS 50D – EOS 60D – EOS 70D – EOS 5D Mark II – EOS 5D Mark III – EOS 1D Mark IV – EOS 1D X – EOS 1 d C – EOS 100 D – EOS 450 D – EOS 500 D – EOS 550 D – EOS 600 D – EOS 650 D – EOS 700 D – EOS 1000 D – EOS 1100 D

0 Comments
Share

Reply your comment

Your email address will not be published. Required fields are marked*