Blog

Teknik Dasar Fotografi

teknik-dasar-fotografi

Ada banyak metode yang bisa kita temukan untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan kamera DSLR kita, baik itu dari internet, tutorial, buku, forum bahkan kawan kita. Tapi apakah setelah kita mengetahui cara menggunakan kamera bisa membuat kita menghasilkan gambar yang bagus? Jawabannya hanya kita sendiri yang tahu. Kamera hanyalah sebuah alat untuk menghasilkan foto, selebihnya tinggal bagaimana kita bisa kreatif dan berkreasi dengan sebuah alat tersebut. Jadi pada intinya mahalnya alat yang kita pergunakan belum menjamin akan menghasilkan gambar yang “bagus”.

Untuk mendapatkan gambar yang spektakuler dengan berbagai macam teknik, setidaknya kita harus tahu dan memahami teknik-teknik dasar dari fotografi. Banyak orang yang mengartikan fotografi adalah melukis dengan cahaya, untuk itu selain kita harus menguasai kamera yang kita pakai dan teknik fotografi dasar (ISO, Aperture, ShutterSpeed), kita juga harus belajar dan memahami tentang cahaya yang nantinya akan mempengaruhi dan berperan penting terhadap karya-karya fotografi kita kedepannya.

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk mempelajari masalah cahaya. Kita bisa melakukannya dimanapun karena pada dasarnya kamera tidak jauh seperti mata kita. Setiap kali kita melihat suatu benda, coba perhatikan intensitas cahayanya, dari arah mana datangnya cahaya tersebut, bagian mana yang menghasilkan highlight, Midhtown dan shadow. Lakukan hal seperti itu, maka kita akan cepat bisa memahami tentang cahaya yang nantinya secara tidak langsung akan sangat membantu kita untuk memahami cahaya yang tentunya akan mempengaruhi hasil dari gambar-gambar kita.

Setelah kita sedikit memahami tentang cahaya, barulah kita bergerak untuk mempelajari tahap selanjutnya, yaitu komposisi. Sebenarnya saya sudah membahas lebih jauh mengenai komposisi dalam artikel sebelumnya. Komposisi berperan penting untuk memperindah foto yang dihasilkan, kita semua tahu bahwa foto yang “bagus” adalah foto yang dapat menyampaikan pesan terhadap orang yang melihat foto tersebut. Untuk itu komposisi inilah yang berperan penting agar pesan foto tersebut bisa tersampaikan pada orang yang melihatnya.

Untuk mempercepat kita untuk mempelajari masalah komposisi, kita bisa lakukan dengan memulai latihan memotret suatu benda dari berbagai arah atau sudut. Kita bisa memperhatikan hasil foto setelah kita memotret benda tersebut. Tentunya lambat laun kita akan memahami dengan sendirinya masalah komposisi kreatif dalam fotografi. Yang paling penting dan mendasar yang harus diperhatikan adalah garis vertikal dan horizontal saat kita memotret.

Teknik fotografi akan meningkat dengan banyaknya kita berlatih dan tidak datang dengan sendirinya. Praktek membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan instan, waktu membutuhkan dedikasi dan kemauan untuk terus belajar. Jadi pada initinya, saat kita belajar fotografi, teruslah explorasi dengan cahaya dan bentuk.

0 Comments
Share

Reply your comment

Your email address will not be published. Required fields are marked*