Blog

Plus Minus Menggunakan Format File RAW Saat Memotret

plus-minus-menggunakan-format-file-raw

Mungkin kita sering disarankan oleh banyak fotografer untuk menggunakan format RAW saat kita memotret, Ada keuntungan dan kekurangan jika kira memotret dengan menggunakan format RAW. Nah yang pertama akan kita bahas terlebih dahulu adalah apa itu Format RAW. Format RAW adalah sebuah format file yang menangkap semua data gambar yang direkam oleh sensor kamera pada saat kita mengambil foto.

  • Mendapatkan kualitas gambar terbaik : Ini adalah salah satu manfaat terbesar jika kita memotret menggunakan format RAW. Alasannya cukup sederhana, ketika kita memotret menggunakan format RAW berarti kita merekam semua data dari sensor.
  • Mudah mengontrol under/over eksposur : Jelas pastinya kita ingin mendapatkan eksposur terbaik dalam hasil karya foto kita, tapi terkadang moment bergerak begitu cepat salah satunya saat kita misalkan memotret momen pernikahan. Dengan kita menggunakan format RAW, kita memiliki informasi tambahan dalam file, sehingga kita bisa dengan mudah memperbaiki gambar tanpa penurunan drastis dalam kualitas.
  • Mudah menyesuaikan white balance : Ketika kita mengambil gambar dengan format JPEG, white balance sudah kita tetapkan pada saat kita akan mengambil gambar. kita tidak bisa dengan mudah merubah white balance tersebut. Tetapi jika kita menggunakan format RAW white balance masih tercatat, sehingga kita bisa lebih mudah untuk menyesuaikannya. karena kita tahu white balance sangat penting untuk menghasilkan gambar yang mengagumkan,
  • Merekam lebih banyak tingkat kecerahan : Format File JPEG mencatat 256 tingkat kecerahan sedangkan format RAW bisa mencapai 4.096 hingga 16.384 tingkat kecerahannya! Hal tersebut dijelaskan dengan istilah “bit”. JPEG hanya menangkap 8bit sedangkan raw berada di 12-14 bit. Untuk itu manfaat ini membuat kita bisa mendapatkan penyesuaian dengan mudah mulai dari exposure, kontras, brightness dll. tanpa ada penurunan yang signifikan dari kualitas gambar aslinya.
  • Tidak merubah file asli saat editing : Ketika kita menggunakan format RAW pada saat editing, sebenarnya kita tidak benar-benar merubah file asli foto yang kita edit tersebut. Sebenarnya kita hana menciptakan satu set instruksi yang nantinya akan kita rubah ke format JPEG atau TIFF. Sehingga data asli foto tersebut akan tetap aman tanpa perlu khawatir gambar asli kita rusak. Saat kita akan melakukan editing ke versi lain, kita akan selalu bisa mengatur ulang editing kita dan mulai dari awal lagi. Coba kita bandingkan saat kita menggunakan format file JPEG, kita akan kehilangan kualitas setiap kali kita melakukan proses edditing walaupun mungkin secara kasat mata tidak terlalu terlihat, hal ini biasa disebut sebagai “lossy” format file. Jadi jika melakukan editing file JPEG kita harus selalu menduplikasi gambar dan menyimpan kembali versi baru jika kita tidak ingin kehilangan file versi aslinya.
  • Dapatkan cetakan lebih baik :Karena gradasi halus nada dan warna, memungkinkan kita akan mendapatkan cetakan yang lebih baik dari RAW file .
  • Kekurangan menggunakan file RAW

Setiap ada kelebihan pasti ada kekurangan. Untuk mendapatkan hasil yang baik tentunya ada resiko yang harus dilalui.

Kekurangan menggunakan format file RAW

  • Memerlukan pengolahan file tambahan : Dengan kita menggunakan format RAW saat memotret, ketika kita akan melakukan proses editing, kita memerlukan peroses pengolahan tambahan agar kita bisa melihat hasil foto kita. Namun jangan hawatir, hampir semua produsen kamera telah melengkapi software pengelolaan file RAW pada saat kita membeli sebuah kamera.
  • Memakan ruang penyimpanan yang besar : File RAW sangat besar, mungkin 1 File RAW setara dengan 4 file JPEG, sehingga kita harus mempersiapkan memory yang besar pada saat kita akan memotret menggunakan format RAW.
  • Adanya Buffer saat merekam ke memory : Seperti yang sudah dijelaskan diatas, file raw cukup besar sehingga saat merekam file ke memory sedikit ada buffer, untuk itu kita harus memakai memory yang kualitas tinggi.

Baca Juga : Plus Minus Kamera Digital

0 Comments
Share

Reply your comment

Your email address will not be published. Required fields are marked*