Blog

Pentingnya Watermark Dalam Sebuah Foto

pentingnya-watermark-dalam-sebuah-foto

Mungkin kita sering menemukan foto yang terdapat sebuah watermark atau tanda tangan dalam sebuah foto atau sebuah karya. Ada berbagai tujuan orang mernyertakan watermark pada foto atau karya miliknya. Namun pada intinya watermark ini dibuat untuk melindungi sebuah karya seseorang agar tidak diambil atau diakui oleh orang lain bahwa karya atau gambar tersebut adalah miliknya. Jika dalam bisnis fotografi online, watermark ini bertujuan agar orang yang membutuhkan foto tersebut, membeli foto yang diperlukannya sehingga watermark yang ada dalam foto tersebut akan dihilangkan setelah orang tersebut membeli atau membayar foto tersebut.

Tiga manfaat menyertakan watermark dalam sebuah foto :

  1. Branding : Watermark sama seperti sebuah tandatangan. Untuk itu sangat disarankan kita menetapkan sebuah watermark secara konsisten dengan watermark yang sama. Karena itu adalah sebuah merek dari foto-foto karya kita. Saat kita sering menunjukan karya-karya fotografi yang indah dengan disertai sebuah watermark, setiap kita menunjukan sebuah karya, orang akan tahu siapa pemilik foto tersebut hanya dengan melihat sekilas watermark kita, yang bisa disebut juga nantinya sebagai ciri khas.
  2. Promosi : Secara tidak langsung, watermark akan membantu kita menjadi media promosi terutama untuk para fotografer profesional. Mungkin kita ingin mempromosikan diri kita, bisnis, karya, website atau blog kita. Untuk itu watermark yang tujuannya terutama untuk bisnis, sebaiknya disertakan sebuah kontak, baik nomor telpon, website, atau media sosial yang kita miliki. Agar bisa dengan mudah orang akan menghubungi kita.
  3. Perlindungan : Tentu saja kita tidak ingin karya hasil kita diambil oleh orang lain. Memang kemajuan teknologi seperti sekarang ini, dapat dengan mudah menghilangkan sebuah watermark dalam sebuah foto. Namun setidaknya dengan adanya watermark kita bisa melindungi karya kita, paling tidak orang yang mengambil karya kita tidak dengan mudah untuk mengakui karya kita. Kalau pun karya kita dipakai oleh orang lain tanpa menghilangkan watermark, itu akan membantu kita sebagai media promosi. Pastikan watermark berada diposisi yang strategis, tidak mengganggu, menghalangi bahkan mengurangi keindahan sebuah karya, namun harus diposisikan ditempat yang tidak mudah untuk menghapusnya.

0 Comments
Share

Reply your comment

Your email address will not be published. Required fields are marked*