Blog

Memahami Fotografi Hitam Putih

memahami-fotografi-hitam-putih

Fotografi hitam putih, black & white atau monochrome tentunya memiliki nuansa yang sangat berbeda dengan fotografi berwarna. Saat ini masih sangat populer digunakan oleh seniman atau wartawan. Fotografi hitam putih ini sangat cocok jika digunakan untuk sebuah foto yang menceritakan sebuah sejarah hidup, misalkan momen pernikahan karena fotografi hitam putih ini akan memberikan tampilan suasana klasik dan bersejarah. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari foto monochrome ini, sangat diperlukan kontras yang mencolok.

Saat awal fotografi ditemukan, semua foto hanya menghasilkan gambar hitam putih. Jika dibandingkan dengan fotografi warna fotografi black and white ini lebih cepat berkembang dan populer, karena pada saat itu biaya produksi gambar hitam putih lebih murah dari pada foto berwarna. Setelah beberapa dekade berlalu, harga film untuk menghasilkan foto berwarna dan biaya produksi turun, sehingga fotografi hitam putih ini menjadi kalah populer. Untuk saat ini, semua kamera digital sudah dilengkapi dengan pilihan setingan foto warna atau hitam putih. Jadi tidak ada perbedaan harga produksi antara gambar hitam putih dan warna.

Ketika akan membuat gambar hitam putih, saat ini banyak fotografer mengambil gambar menggunakan kamera digital dalam bentuk foto berwarna terlebih dahulu, kemudian baru dikonversikan ke dalam foto hitam putih dengan menggunakan program editing digital. Semua kecanggihan teknologi dan dunia digital saat ini memang sangat membantu semuanya menjadi lebih mudah. Walaupun sebenarnya ada kamera saat ini yang diciptakan khusus hanya untuk menghasilkan foto hitam putih.

Secara teknik, tentunya ada perbedaan antara fotografi hitam putih dengan fotografi warna. Prinsip pengambilan foto hitam putih ini cenderung sangat memerlukan kontras yang sangat tajam, karena disini kita harus memberikan perbedaan yang sangat jelas antara terang dan gelap. Untuk itu komposisi yang baik sangat diperlukan untuk bisa membuat gambar hitam putih ini menarik.

Walaupun secara kasat mata, foto hitam putih terlihat simpel dan mudah,namun pada intinya tidak ada perbedaan kemudahan dalam membuat foto hitam putih ataupun foto berwarna. Semuanya diperlukan pembelajaran yang serius dan tekun untuk benar-benar menghasilkan karya fotografi yang indah dan berkelas.

0 Comments
Share

Reply your comment

Your email address will not be published. Required fields are marked*