Blog

Megapixel Dalam Kamera (Smartphone & Kamera Digital)

megapixel-dalam-kamera-smartphone-digital

Munkin bagi kita kata piksel sudah tidak asing lagi. Hampir semua smartphone saat ini memiliki kamera, dan pabrikan kamera berlomba-lomba membuat kamera dengan piksel yang tinggi. Sehingga tak heran bagi sebagian orang, smartphone yang memiliki mega pixel tinggi menjadi pilihan. Namun dampak buruknya adalah orang awam yang mempunyai pemikiran bahwa kamera hp saat ini bisa menghasilkan kualitas yang baik diatas kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera DSLR. Contoh kecil adalah Canon 1000D yang hanya memiliki 10.1 Megapixel, sedangkan smartphone sekarang memiliki mega pixel yang lebih tinggi dari itu. Namun pada kenyataanya smartphone yang memiliki megapixel lebih besar tersebut tidak dapat mengalahkan kualitas dari Canon 1000D tersebut.

Piksel atau pixel adalah unsur kecil atau titik terkecil yang terdapat pada sebuah grafis yang dihitung per inch. Pixel merupakan singkatan dari Picture Element. 1 Megapixel sama dengan 1 juta pixel. Memang pada dasarnya semakin tinggi megapixel dalam sebuah kamera akan menghasilkan kualitas gambar yang semakin bagus. Namun perlu diingat, untuk mendapatkan kualitas gambar yang baik, diperlukan elemen-elemen pendukung lainnya. Itulah fakta yang terjadi terhadap kamera pada smartphone yang memiliki megapixel besar tidak bisa menghasilkan kualitas gambar sebaik Canon 1000D yang hanya memiliki 10.1 Mega pixel. Dalam Canon 1000D terdapat elemen pendukung yang lebih baik dari pada yang ada pada kamera smartphone, seperti sensor kamera, lensa, dll.

Keuntungan utama dari gambar yang memiliki megapiksel tinggi adalah bahwa gambar tersebut dapat dicetak pada ukuran yang lebih besar dengan mempertahankan kejelasan dan ketajaman gambar. Berikut rekomendasi cetak berdasarkan Megapixel

  • 6 Megapixel Maksimal Cetak 9 x 12 inci
  • 8 Megapixel Maksimal Cetak 11 x 14 inci
  • 10 Megapixel Maksimal Cetak 12 x 16 inci
  • 12 Megapixel Maksimal Cetak 16 x 20 inci
  • 14 Megapixel Maksimal Cetak 18 x 24 inci

Pada intinya memiliki kamera dengan sensor yang baik dan lensa yang baik, akan lebih memberikan kita keleluasaan untuk mengeksplor kemampuan kita. Daripada hanya mempunyai kamera bermegapixel tinggi tanpa didukung dengan elemen lainnya. Jadi megapixel bukanlah patokan mutlak untuk kualitas sebuah kamera, baik itu untuk smartphone ataupun DSLR.

0 Comments
Share

Reply your comment

Your email address will not be published. Required fields are marked*