Blog

10 Aksesoris Kamera yang Sebaiknya Kita Miliki

10-aksesoris-kamera-yang-perlu-kita-miliki

Fotografi adalah seni yang luar biasa indah. Mungkin bagi sebagian orang, hanya memiliki seperangkat kamera tanpa aksesoris pendukung lainnya akan dirasa cukup. Namun ada beberapa aksesoris kamera yang disarankan untuk kita miliki, agar mempermudah, meminimalisir resiko dan tentunya akan sangat bermanfaat ketika kita menggeluti bidang fotografi ini.

  1. SD Card : Sebuah alasan yang simpel sebenarnya. Tanpa SD Card bisa dibilang tidak akan ada foto yang dihasilkan dari kamera digital. Membeli SD card yang mempunyai kualitas baik dan memiliki ruang yang besar adalah sebuah kewajiban jika kita akan menggeluti dunia fotografi ini. Kualitas SD card yang jelek tentunya akan sedikit mengganggu kita saat akan menggambil gambar, akan ada delay saat penyimpanan data yang cukup besar seperti misalnya saat kita memotret menggunakan file RAW. Ada banyak orang yang tidak tahu mengenai kualitas SD Card ini, tak jarang saya menemukan pertanyaan di beberapa forum fotografi, yang menanyakan masalah saat merekam sebuah video hanya mampu merekam per 3 detik saja. Untuk itu setidaknya kita membeli SD Card minimal Class 10. Lebih tinggi dari itu akan lebih baik.
  2. Tas Kamera : Tentunya tas kamera yang baik akan melindungi kamera kita dari benturan dan goncangan. Sangat berbeda memang tas kamera dengan tas yang biasa kita pergunakan untuk aktifitas sehari-hari. Tas Kamera biasanya memiliki bahan yang lebih tebal jika dibandingkan dengan tas biasa. Akan ada beberapa penyekat pemisah didalamnya agar kamera kita aman saat kita bawa. Memang biasanya tas kamera ini cukup mahal, tapi saya pikir harga tidak akan terlalu bermasalah karena tas kamera akan sangat bermanfaat untuk melindungi kamera kita yang harganya sangat mahalpula agar tetap aman.
  3. Batrai Kamera : Saat kita membeli sebuah kamera digital, pastinya didalamnya sudah termasuk satu buah batrai. Untuk mengisi full satu buah batrai kamera diperlukan waktu 1-3 jam. Untuk antisipasi masalah habisnya batrai yang kita pakai saat pemotretan, ada baiknya kita memiliki batrai cadangan. Coba kita bayangkan ketika kita memotret momen pernikahan, ditengah-tengah acara batrai kita habis. Apakah kita akan menunggu untuk mengisi batrai terlebih dahulu? Tentunya kita akan kehilangan banyak momen yang tidak akan bisa diulang dan menunggu karena masalah ini.
  4. Filter Lensa : Ada saat dimana kita ingin mengontrol cahaya yang masuk ke sensor kamera kita yang memang tidak bisa dilakukan dengan lensa telanjang. Ada banyak jenis filter yang dijual dipasaran, dari filter UV, ND, Polarisasi/CPL, dll. Selain itu filter ini sekaligus melindungi bagian depan lensa kita dari debu dan goresan. Setidaknya ketika terjadi benturan pada bagian depan lensa, yang akan terkena terlebih dahulu adalah filter dan tidak langsung terkena lensa.
  5. Batrai Grip : Batrai grip akan membantu kita untuk lebih nyaman saat mengambil gambar potrait. Selain itu dengan menggunakan batrai grip, kita bisa menambahkan batrai cadangan kita didalamnya. sehingga penggunaan kamera kita akan bisa lebih lama, dan ketika 1 batrai habis kita tidak harus repot untuk menggantinya terlebih dahulu. Ini akan sangat memudahkan dan membuat waktu kita lebih efektif. Selain kedua fungsi diatas, saya sendiri menggunakan batrai grip agar kamera yang saya pakai lebih berat dan efeknya akan lebih stabil.
  6. Tripod : Kita tidak akan selalu menggunakan tripod pada saat pemotretan, namun dibeberapa kondisi pemotretan, kita akan memerlukan alat yang satu ini, seperti misalnya ketika kita mengambil gambar landscape, long exposure, dll.
  7. External Flash (Speedlight) : Beberapa kamera digital memang sudah dilengkapi dengan flash. Namun saya rasa flash internal (built in flash ) ini tidak begitu maksimal fungsinya, kita tidak bisa mengatur kekuatan cahaya yang dihasilkan. Ada baiknya kita menggunakan External flash jika kita membutuhkan cahaya tambahan. Selain External Flash ini fleksibel, flash external tidak akan banyak memakai batrai kamera kita.
  8. Adaptor Hot Shoe atau Triger : Setelah kita mempunyai External Flash, Sebaiknya kita lengkapi dengan membeli Adaptor Hot Shoe, sehingga kita dapat memindahkan External Flash kita ke berbagai sisi dari subjek secara leluasa tanpa mengurangi fungsi, kualitas dan keakuratan External Flash.
  9. Lens Hood : Dibeberapa kondisi, kita akan membutuhkan lens hood. Terutama jika kita sering memotret diluar ruangan (outdoor) diwaktu siang hari. Lens Hood ini berfungsi untuk melindungi lensa dari sinar matahari langsung, yang biasanya jika tidak menggunakan lenshood akan menimbulkan efek flare. dan tentunya flare yang tidak kita inginkan akan sangat mengganggu pada hasil foto kita. Kecuali memang kita sengaja ingin menambahkan flare dalam foto kita, kita tidak akan perlu memerlukan lens hood.
  10. Cleaning Kit : Harga kamera yang sangat mahal, tentunya akan sangat disayangkan jika kita tidak mementingkan perawatannya. Untuk menjaga kamera kita agar tetap bersih, awet dan terhindar dari berbagai masalah pada kamera kita, sangat diperlukan perawatan secara berkala. Kamera merupakan sebuah barang elektronik yang cukup sensitif, untuk perawatannya tidak bisa menggunakan peralatan sembarangan. Tentunya dengan berbagai Cleaning kit khusus kamera akan membantu mempermudah membersihkan dan merawat kamera kita.
  11. Dry Box Atau Dry Cabinet : Agar kamera kita tetap aman saat tidak digunakan, sangat disarankan untuk menggunakan Dry Box sebagai tempat penyimpanan kamera, agar kita bisa mengontrol suhu pada tempat penyimpanan tersebut. Hal ini tentunya bertujuan agar kamera kita aman dari debu dan tentunyaaman dari jamur yang kita tahu sangat berbahaya bagi kamera.

0 Comments
Share

Reply your comment

Your email address will not be published. Required fields are marked*