Blog

Pengetahuan Dasar Foto Manipulasi Dalam Fotografi

pengetahuan-dasar-foto-manipulasi-dalam-fotografi

Untuk membuat seni digital foto manipulasi memerlukan kemampuan ide dan kreatif terbaik karena pada prinsipnya foto manipulasi menggabungkan unsur-unsur yang dipilihnya agar membuat gambar lebih menarik. Teknologi foto manipulasi ini berkembang seiring dengan masuknya aspek bervariasi dari seni desain grafis, intinya foto manifulasi ini adalah penggabungan dari fotografi dan design grafis. Sebagian besar foto manipulasi ini bergantung pada kesan artistik sang desainer, editor atau fotografer untuk menggabungkan merancang aspek yang bervariasi. Jadi tidak heran bahwa ruang lingkup dan penggunaan teknologi ini sangat pesat dari hari ke hari.

Sebenarnya sampai saat ini masih ada yang memperdebatkan masalah foto manipulasi ini. Beberapa orang berpendapat bahwa foto manipulasi bukan murni seni fotografi, karena lebih didominasi design dan hanya sebagian kecil mengunakan teknik fotografinya. Hanya saja menurut saya pribadi, saat kita terjun kedunia profesional fotografi, tak ada salahnya kita menguasai dan mempelajari teknik ini, karena target utama kita sebagai jasa profesional adalah kepuasan pelanggan, dan bukan hanya itu, keuntungan lain adalah ketika misalnya pelanggan kita menginginkan dirinya seperti ada disebuah tempat dengan berbagai properti, namun pelanggan kita tidak bisa datang ketempat tersebut karena keterbatasan waktu dan mahalnya biaya properti, kita bisa gunakan teknik foto manipulasi ini.

Agar kita mampu membuat foto manipulasi, kita harus konstan bereksperimen dan mencari ide-ide baru untuk memperindah dan memperluas kreativitas kita. Tapi pada istilah umum, detail adalah kebutuhan utama dari setiap tugas yang kita kerjakan untuk membuat foto manipulasi. Kombinasi yang canggung walaupun banyak elemen bervariasi akan mendapatkan karakter yang tidak terlalu baik bagi foto apapun. Dengan demikian, seorang seniman grafis berpengalaman akan melihat dan mempertimbangkan berbagai aspek untuk membuat foto manipulasi ini.

Foto manipulasi dapat diciptakan dengan berbagai perangkat lunak seperti salah satunya Photoshop. Perangkat lunak tersebut akan digunakan untuk menggabungkan beberapa elemen foto menjadi satu. Untuk membuat foto manipulasi, setidaknya kita harus menguasai prinsip fotografi, karena dalam foto manipulasi ini akan membutuhkan teknik komposisi, teknik cahaya, blur, white balance dll. Sehingga jika kita menguasai prinsip fotografi tersebut nantinya akan menghasilkan foto manipulasi yang terlihat nyata.

0 Comments
Share

Reply your comment

Your email address will not be published. Required fields are marked*