Blog

Harga Dalam Bisnis Fotografi

menentukan-menghitung-harga-dalam-bisnis-fotografi

Menentukan harga dalam usaha fotografi bagi sebagian fotografer merupakan salah satu tantangan yang cukup sulit. Pada saat era digital seperti saat ini, ada banyak kamera yang memiliki harga cukup murah sedangkan perekonomian yang sulit telah mendorong sebagian besar kompetisi murah ke pasar. Hal ini telah menyebabkan calon klien berpikir fotografi sebagai komoditas murah.

Sampai saat ini masih banyak fotografer yang produktif, ada ribuan dari sesi potret keluarga dan pernikahan. Para fotografer pemain lama dibidang profesional fotografi dapat memberikan harga yang cukup signifikan karena mereka memiliki sistem yang lengkap. Satu hal yang mereka tidak lakukan adalah khawatir tentang apa yang orang lain lakukan dengan masalah harga. Sebagi Fotografer kita harus keluar dari pola pikir harga membandingkan. Banyak sekali fotografer yang belum memahami masalah pemasaran atau harga.Ketika kita terjun ke dunia profesional, coba pelajari bagaimana harga, pasar, penjualan dan merchandise fotografi kita dan kita akan mendapatkan lebih dari yang kita pernah pikirkan sebelumnya.

Pertama, saya ingin berbagi tentang beberapa psikologi harga dan kemudian pada akhirnya saya akan menjelaskan teknik sederhana yang akan memungkinkan untuk mengatur harga hari ini dan selamanya. Hal pertama yang harus disadari adalah bahwa saat ini semakin tinggi harga, orang justru akan mempertimbangkan dan lebih percaya terhadap kita, selain daripada gengsi mereka, mereka akan sedikit yakin dengan hasil kerja kita.

fotografi Anda adalah unik. Jangan pernah lupa bahwa seorang fotografer tidak menjual komoditas, tapi fotografer menjual seni. Jadi kita harus menemukan cara untuk menentukan harga yang lebih tinggi dengan menyediakan layanan yang lebih baik, pengalaman yang lebih baik dan produk yang lebih baik.

Para fotografer membuat kesalahan terbesar dengan menempatkan harga jasa mereka di situs web mereka kecuali misalkan sedang ada promo-promo tertentu. Nantinya Ini akan mendorong calon klien untuk membandingkan harga tanpa pernah berbicara dengan sang fotografer. Jika mereka tidak pernah berbicara dengan kita maka mereka tidak akan pernah bisa mendengar antusiasme kita dan penjelasan penawaran dari kita. Celakanya, seperti yang pernah saya bahas pada artikel sebelumnya mengenai kenapa harga jasa profesional fotografi mahal? Jika klient tidak pernah bertemu dengan kita mereka tidak akan tahu kenapa jasa yang kita tawarkan mahal, apa keunggulan dari jasa kita dibandingkan dengan orang lain.

Menurut saya pribadi, saat ini fotografer harus bisa dan berani menetapkan harga pada tingkat yang diluar luar zona kenyamanan dan kemudian menaikkan harga mungkin sebesar 5 persen atau lebih setiap 6 bulan. sebagai fotografer profesional, kita tidak perlu khawatir tentang kompetisi. tentunya dengan terus menaikan harga harus diimbangi dengan kualitas, kemampuan, ide, perlengkapan harus terus ditingkatkan.

0 Comments
Share

Reply your comment

Your email address will not be published. Required fields are marked*