Blog

Bingung ketika pertama kali menggunakan lampu studio?

tips-belajar-menggunakan-lampu-studio

BINGUNG !!! itulah yang saya rasakan ketika pertamakali masuk ke studio foto. nyatanya belajar teori saja tak cukup untuk menguasai teknik foto studio, apalagi saya yang belajar fotografi secara otodidak. setelah saya memutuskan untuk belajar dan membeli perlengkapan studio, maka dapat disimpulkan hal-hal yang harus dilakukan atau harus diketahui ketika pertama kali belajar menggunakan lampu studio.

1. Awali hanya dengan 1 Lampu
Banyak orang termasuk saya dulu 😀 ketika pertamakali mencoba lampu studio tergoda untuk menggunakan banyak lampu, akhirnya repot sendiri dan hasilnya tidak terlalu maksimal. bagi yang pertama kali menggunakan lampu studio saya sarankan mulailah dengan hanya menggunakan 1 lampu. jika posisi lampu utama sudah dirasa pas, baru coba nyalakan lampu kedua mungkin untuk lampu latar belakang atau untuk menyinari bagian rambut.

2. Perbanyak menggunakan modifier daripada menggunakan lampu
Mungkin sobat pernah mendengar istilah “Punya body kamera satu, Lensanya yang harus banyak”. nah, hal tersebut juga sama berlaku pada lampu studio. Lampu studio yang mahal ataupun yang murah, pada dasarnya sama yaitu menghasilkan kilatan cahaya yang terang. oleh karena itu, perbanyaklah menggunakan modifier seperti softbox, beautydisk dan aksesoris lainnya yang dapat membentuk dan mempercantik cahaya. tentunya pahami terlebih dahulu fungsi dari masing-masing modifier.

3. Semakin besar ukuran softbox semakin baik
Softbox yang besar dapat menghasilkan cahaya yang cantik dan merata. keuntungan lain dari softbok yang besar adalah bisa digunakan untuk pencahayaan lebih dari satu objek.

4. Lebih dekat lebih baik
Jika kita ingin menghasilkan cahaya yang sangat lembut dan cantik pada objek yang akan kita foto. coba sobat dekatkan lampu dengan objek yang akan kita foto. tentunya lampu jangan sampai masuk di area framing.

5. Geser lampu studio untuk mencari pencahayaan yang maksimal
Ketika lampu yang sudah kita setting hasil pencahayaannya kurang memuaskan, cobalah perlahan geser posisi lampu, 5-10 cm saja kita geser posisi lampu, hasilnya akan berbeda.

6. Manfaatkan lampu modeling
Lampu modeling sangatlah membantu agar kita memiliki gambaran jatuhnya cahaya pada objek yang akan kita foto.

0 Comments
Share

Reply your comment

Your email address will not be published. Required fields are marked*