Blog

Kenapa Harga Jasa Professional Fotografer Mahal?

kenapa-harga-jasa-professional-mahal

Ada banyak sekali orang yang awam mengenai fotografi, bahkan tak jarang profesi sebagai fotografer dipandang sebelah mata. Sebagai fotografer professional tak jarang kita mendapatkan keluhan dari pelanggan mengenai harga. “Mas ko harganya mahal?”
Sebenarnya pertanyaan tersebut adalah pertanyaan klasik dan sangat mendasar. Banyak orang yang berfikir memotret itu mudah, ya memang memotret itu memang mudah semua orang bisa memotret, apalagi saat ini HP saja sudah dilengkapi dengan kamera yang cukup baik ko. Tapi adakah jaminan foto yang dihasilkan bagus dan berkualitas? Apakah fotografi sesederhana itu?

  1. Untuk terjun kedunia professional fotografi tentu saja fotografer mempersiapkan peralatannya dengan sangat baik. Rasanya takmungkin jika seorang professional fotografer hanya bermodalkan satu buah HP yang dilengkapi kamera dengan megafixel tinggi untuk mendokumentasikan momen dalam sebuah event atau acara. Coba perhatikan peralatan apa saja ketika fotografer professional mendokumentasikan sebuah acara mulai dari kamera, lighting dan aksesoris perlengkapan lainnya. Apakah yang dipakainya itu murah? Tentu saja tidak harga kamera dan aksesorisnya sangatlah mahal, semua barang yang dipakainyapun memiliki umur dan batasan pemakaian, tentunya selain harganya yang mahal ada biaya perawatan alat yang mahal pula.
  2. Fotografer professional pastinya tidak akan asal jepret untuk mengabadikan sebuah momen. Agar menghasilkan foto yang maksimal Semuanya sudah dipikirkan dan dipersiapkan jauh-jauh sebelumnya. Ide, konsep, seni dan kreativitas tidak bisa dibentuk dengan cara instan tentunya diperlukan pembelajaran dan persiapan yang serius mulai dari persiapan waktu, tenaga, fikiran, materi. Tak jarang untuk menjadi fotografer professional banyak yang harus mengeluarkan uang untuk membeli buku bahkan mengikuti kursus fotografi yang tentunya harganya tidak murah.
  3. Ketika fotografer akan mengabadikan sebuah momen acara, fotografer harus mempersiapkan semuanya dengan matang mulai dari fisik, alat yang akan dipakai, pemikiran, ide dan konsepnya. Belum lagi fotografer akan datang lebih awal sebelum waktu acara dimulai dan pulang lebih akhir setelah acara selesai. Jadi ada banyak waktu yang dipakai untuk mendokumentasikan sebuah momen acara. Apakah semuanya cukup sampai disitu? Tentu saja tidak, perjuangan belum selesai. Untuk memaksimalkan hasil karyanya fotografer akan melakukan proses editing, lagi-lagi memakan banyak waktu.

Jadi dengan alasan tersebut rasanya sangat wajar jika jasa fotografi professional itu mahal. Untuk menjadi professional fotografi membutuhkan banyak modal, ide dan kreatifitas, tentunya semuanya butuh waktu yang tak sedikit.

0 Comments
Share

Reply your comment

Your email address will not be published. Required fields are marked*