Cara Membuat Background Foto Blur Dengan Lensa Kit 18-55 mm


Mendapatkan foto dengan background blur atau bokeh tentu saja bukan hal yang sulit jika kita memiliki lensa dengan bukaan besar seperti lensa fix 50 mm (f/1.2, f/1.4, f/1.8), 85 mm (f/1.8), dll. Kebanyakan orang yang pertama kali atau masih awam, tertarik dengan fotografi khususnya menggunakan DSLR, karena hasil background foto yang bisa blur atau bokeh. Namun nyatanya setelah membeli kamera yang hanya dilengkapi dengan lensa Kit, khususnya lensa 18-55 mm agak sulit jika ingin mendapatkan background blur atau bokeh. Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan agar memaksimalkan blur hasil dari kamera yang hanya dilengkapi lensa 18-55 mm.

Tips yang akan saya berikan ini hanyalah tips sederhana untuk pemula. Tentunya para senior dan ahli dalam bidang fotografi mungkin tidak akan memerlukan artikel ini. hehehehe. 

Lagi-lagi saya ingatkan, teknik dan trik apapun yang akan kita pakai, kita pasti akan menggunakan dasar dari fotografi terlebih dahulu, dalam hal ini adalah segitiga exposure (ISO, Aperture, Shutter speed). Untuk itu saya sarankan sebaiknya jika anda belum paham mengenai dasar tersebut, sebaiknya pelajari terlebih dahulu agar nantinya kita tidak akan merasa bingung saat memperaktekan berbagai trik atau tips fotografi yang kita pelajari dimanapun. 

Sebenarnya tips membuat background blur dengan lensa kit ini bisa diterapkan disemua merek lensa dan kamera, mulai dari merek Canon, Sony, Nikon, dll. Namun kali ini saya menggunakan contoh menggunakan lensa canon 18-55 mm IS STM. Jadi pada intinya dengan lensa apapun yang anda gunakan saat ini, anda bisa mengikuti tips ini. 

Berikut adalah cara membuat background blur dengan lensa kit 18-55 mm
  1. Gunakan bukaan terbesar pada lensa, jika kita menggunakan lensa Canon 18-55 mm, bukaan terbesarnya adalah F/3.5 (jika dizoom hingga 55 MM akan berubah menjadi F/5.6) Intinya gunakan bukan terbesar lensa.
  2. Zoom lensa hingga focal length maksimal (55 mm). Pada intinya semakin besar focal length yang kita gunakan maka kemungkinan background akan semakin blur. 
  3. Jauhkan posisi objek dengan background (semakin jauh background dengan objek maka akan semakin blur). 
  4. Dekatkan posisi kamera dengan objek (namun tentu saja jarak kamera ke objek jangan kurang dari 18 mm, karena lensa akan sulit fokus). 

Baca Juga : Tips Memotret di Malam Hari Untuk Pemula

0 Response to "Cara Membuat Background Foto Blur Dengan Lensa Kit 18-55 mm"