Rekomendasi Lensa Untuk Memotret Wedding & Prewedding


Lensa merupakan salah satu pendukung yang menentukan karakter sebuah foto. Banyak pertanyaan mengenai lensa yang cocok untuk memotret acara wedding atau prewedding, sebenarnya untuk menentukan lensa yang cocok untuk memotret apapun tergantung kebutuhan, hasil, situasi dan kondisi dilapangan, untuk itu jawaban untuk pertanyaan ini pastinya sangat beragam, dan mungkin saja setiap fotografer akan memiliki jawaban yang berbeda-beda. Jadi pada dasarnya semua kembali pada kebutuhan dan gaya dari fotografer itu sendiri, ingin seperti apa konsep dan hasil yang diinginkan. Berikut hanyalah segelintir pengalaman dari lensa yang pernah saya gunakan dangan kamera canon bersensor body APSC untuk memotret acara wedding atau prewedding. 

Lensa 50mm f/1.4 USM : Lensa ini merupakan salah satu lensa favorit saya yang selalu saya bawa setiap kali memotret acara pernikahan. Bukaan besar yang dimiliki lensa ini tentunya bisa lebih banyak menangkap cahaya, sehingga sangat asik untuk membuat foto dengan latar belakang bokeh maksimal. 

Lensa 18-200mm f/3.5-5.6 IS : Banyak fotografer bilang lensa ini adalah lensa sapujagat atau all-around. Dengan range 18-200 lensa ini sebenarnya cukup efektif untuk mengabadikan seluruh momen selama acara berlangsung. Walaupun bukaannya mentok di 3.5 namun banyak keuntungan lain yang bisa kita dapat dengan menggunakan lensa ini terutama masalah efektifitas.

Lensa 70-200mm f/2.8L IS USM : Lensa seri L ini memiliki autofokus yang cukup cepat dan foto yang dihasilkan sangat tajam. Dengan bukaan 2.8 lensa ini sangat membantu dalam kondisi minim cahaya, dan cukup untuk membuat foto dengan latar belakang blur yang menarik. Lensa ini saya gunakan biasanya jika tempat pemotretan cukup luas karena kita harus mengambil foto dari jarak yang cukup jauh. Sangat baik dan cocok jika digunakan untuk foto candid, potrait, close up atau mengambil ekspresi pengantin.

Lensa 17-55mm f/2.8 IS USM : Lensa yang memiliki bukaan konstan di 2.8 ini, mampu menghasilkan foto yang tajam dengan backroud blur yang oke. Tak jarang saya hanya menggunakan hanya 1 lensa ini sepanjang acara pernikahan berlangsung. Banyak kawan-kawan fotografer wedding yang menyarankan untuk menggunakan lensa ini. 

Pertimbangan penggunaan lensa ini sangat penting, karena dengan kita gonta-ganti lensa akan membuat kita kehilangan banyak momen luar biasa dan tentu saja tidak dapat diulang. Saya biasanya melakukan survey terlebih dahulu kelokasi yang akan digunakan untuk foto pernikahan beberapa hari sebelum acara berlangsung, sehingga saya bisa memutuskan alat yang akan dipergunakan termasuk lensa yang akan dipakai untuk acara tersebut. Semua pabrikan kamera pastinya membuat lensa dengan kualitas yang baik. Untuk itu semuanya tergantung kebutuhan dan kreatifitas dari fotografer itu sendiri. 

Baca Juga : 7 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memotret Prewedding Untuk Pemula

4 Responses to "Rekomendasi Lensa Untuk Memotret Wedding & Prewedding"

  1. Nice infoo.. next beli 17-55. Aminn..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama om, saya juga lagi ngincer lensa 17-55. selama ini masih sewa hehehe

      Delete
  2. masukan ya om... bukaan kecil itu sbenarnya pengaruhnya tidak dibokeh... lensa bukaan 3/4 juga halus bokehnya... tapi lebih berpengaruh pada kondisi lowlight shootnya.. dia bisa nangkep cahaya lebih bNyak... hentikan kesalah pahaman tersebut

    ReplyDelete