Kode Error Pada Kamera DSLR, Lengkap Dengan Solusinya

Kamera Digital khususnya DSLR adalah barang yang mahal dan cukup sensitif. Untuk menghasilkan gambar digital, kamera menggabungkan antara mekanik, elektronik dan optik. Untuk itu agar memudahkan kita mendeteksi kerusakan, pabrikan kamera khususnya Canon memberikan kode-kode ketika ada maslah yang terjadi pada kamera. Berikut kode-kode error beserta solusi pertama untuk memperbaikinya : 
  • Err 01 (Communication between the camera and lens is faulty. Clean the lens contact) : Error 01 biasanya terjadi ketika Komunikasi antara Lensa dan Kamera bermasalah. penanganan pertama untuk error 01, sobat bisa membersihkan bagian kontak elektronik pada lensa dan kamera dengan menggunakan lap yang kering, bersih dan halus.
  • Err 02 (Card cannot be accesed. Reinsert/ change card or format card with camera) : Error 02 terjadi akibat adanya masalah dengan kartu memory. Untuk memperbaikinya, matikan kamera, keluarkan kartu momori, masukan kembali kartu memori, format kartu memori. Jika masih terjadi error 02 coba ganti kartu memori.
  • Err 03 (There are too many folders on the memory card) : Error 03 terjadi karena terlalu banyaknya folder dalam kartu memori. solusi untuk memperbaiki Error 03, dengan cara mengganti kartu memori atau format kartu memori.
  • Err 04 (Cannot save images because card is full, Replace card) : Error 04 terjadi akibat memori penuh sehingga foto tidak bisa tersimpan. solusi untuk memperbaikinya dengan cara menghapus beberapa foto atau format kartu memory, jika masih terjadi error 04, coba ganti kartu memori.
  • Err 05 (The built-in flash could not be raise. Turn the camera off and on again) : Error 05 biasanya terjadi akibat adanya gangguan terhadap flash internal sehingga flash tidak dapat terangkat atau membuka. Pertolongan pertama untuk kasus Error 05 coba matikan kamera, lepas batrai dan masukan kembali batrai.
  • Err 06 (Sensor cleaning is not possible. Turn the camera off and on again) : Error 06 biasanya terjadi ketika tidak dapat membersihkan sensor (clean sensor) dari kamera. Untuk pertolongan pertama pada kasus seperti Error 06, coba matikan kamera, lepas batrai dan masukan kembali batrai.
  • Err 10 (A malfunction with the files on the memory card has been detected) : Error 10  biasanya terjadi ketika kamera mendeteksi adanya masalah pada kartu penyimpanan. Untuk memperbaikinya coba matikan kamera, lepas batrai dan masukan kembali batrai. jika masih ada masalah coba format kartu memori.
  • Err 20 (A malfunction with the mechanical mechanism has been detected) : Error 20 terjadi akibat adanya Masalah pada mekanisme kamera kemungkina berada di komponen cermin, shuter atau bukaan lensa. Untuk pengangan Error 20 coba matikan kamera, lepas batrai dan masukan kembali batrai.
  • Err 30 (A malfunction with the shutter has been detected) : Error 30 terjadi akibat adanya masalah pada shutter kamera yang sudah tidak berfungsi dengan baik, untuk penanganan pertama pada maslah seperti ini coba matikan kamera, lepas batrai dan masukan kembali batrai.
  • Err 40 (A malfunction with the power source has been detected) : Error 40 kemungkinan terjadi karena adanya masalah dengan sumber daya terutama batrai (Lemah atau bermasalah) untuk penanganan pertama pada maslah seperti ini coba matikan kamera, lepas batrai dan masukan kembali batrai. kalo memang masih terjadi Error 40, coba ganti batrai.
  • Err 50 (A malfunction related to the electric control has been detected) : Error 50 Terjadi akibat adanya masalah pada kontrol elektronik. Penangan pertama yang bisa dilakukan dengan cara matikan kamera, lepas batrai dan masukan kembali batrai. jika memamang cara tersebut tidak berpengaruh, kemungkinan perbaikannya cukup rumit, karena masalah ini menyangkut pada prosesor atau sirkuit elektronik kamera.
  • Err 60 (An error occurred preventing shooting, the lens movement may be obstructed) : Error 60 terjadi ketika kamera tidak mau mengambil foto biasanya terjadi karena adanya masalah dengan pergerakan lensa. Coba periksa, mungkin ada yang menghalangi pergerakan lensa.
  • Err 70 (A malfunction with the images has been detected) : Error 70 biasanya terjadi ketika kamera tidak mau mengambil foto dan berhubungan dengan data yang sedang ditulis ke kartu memori terdeteksi bermasalah. Solusinya dengan cara mematikan kamera, keluarkan baterai, pasang kembali baterai dan nyalakan lalu format memory atau ganti kartu memory.
  • Err 80 (A malfunction with the electric control or images has been detected) : Error 80 biasanya terjadi akibat adanya masalah dengan kontrol elektronik antara Lensa dan Kamera. Untuk penanganan pertama pada Error 80 kita bisa membersihkan bagian kontak elektronik pada lensa dan kamera dengan menggunakan lap yang kering, bersih dan halus. Kemudian matikan kamera, keluarkan baterai, pasang kembali baterai dan nyalakan.
  • Err 99 (This is a general error that can occur because of several different reasons) : Error 99 merupakan masalah yang terjadi karena alasan-alasan tertentu. Pesan Error 99 tidak memberi informasi spesifik tentang apa yang sedang terjadi. Solusi penangan pertama untuk error 99 ini adalah dengan cara matikan kamera, keluarkan baterai , pasang kembali baterai dan nyalakan.

Jika solusi untuk masalah-masalah error masih terjadi, sebaiknya hubungi Canon Service Center terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

Baca juga : Ada Apa Dengan Shutter Count Kamera???


0 Response to "Kode Error Pada Kamera DSLR, Lengkap Dengan Solusinya"