Tips Cepat Setting Kamera (Iso, Aperture & Shutter Speed) Untuk Foto Studio




1. ISO : Gunakan ISO 100 - 200, mengapa demikian? karena ISO 100 - 200 menghasilkan gambar paling bersih, bebas dari noise. jadi sobat tidak usah pusing dengan setingan iso tetapkan saja setingan iso antara 100 - 200. 

2. Shutter Speed : Rata-rata speed tercepat yang bisa digunakan untuk lampu studio ketika singkron dengan kamera adalah 1/200 perdetik (untuk lampu studio standar). biasanya para fotografer profesional set speed diangka 1/125 perdetik -1/200 perdetik, diangka tersebutlah cukup ideal untuk menangkap pergerakan objek ketika kita melakukan pemotretan didalam studio. 

 3. Aperture : Untuk aperture / f-stop sendiri sebenarnya tidak ada batasan f-stop yang tepat untuk melakukan pemotretan didalam studio semuanya kembali pada konsep foto yang akan kita buat, apakah akan dibuat background/foreground blur atau semua objek yang ada difoto akan dibuat fokus. tapi biasanya F-stop yang sering saya pakai untuk pemotretan didalam studio antara F/8 - F/11 agar semua objek tetap fokus. hanya saja tidak menutup kemungkinan set f-stop di F/4 ketika saya melakukan pemotretan dengan konsep Glamour hanya model yang fokus background dibuat blur. 

Nah sekarang ketika kita tahu settingan ideal sobat misalkan set ISO 100, Shutter speed 1/125 perdetik, F-stop F/9, tinggal sobat atur jarak atau daya lampu studio yang akan kita pakai untuk pemotretan hingga pencahayaannya tepat dengan setingan kamera yang sudah sobat tentukan diatas. Jadi kita tidak perlu menghabiskan waktu untuk bermain-main dengan settingan kamera.

Baca Juga : Teknik Dasar Fotografi

1 Response to "Tips Cepat Setting Kamera (Iso, Aperture & Shutter Speed) Untuk Foto Studio"